Cara Tya Subiakto Menurunkan Berat Badan Hingga 40Kg

Moalila - vleopos.com


VLEOPOS - Kelebihan berat badan adalah hal yang sangat "ditakuti" oleh kaum hawa, tak sedikit dari mereka memilih untuk melakukan diet sehat, salah satunya diet sehat yang dijalani oleh arranger musik ternama di Indonesia, Tya Subiakto. Tya sukses menurunkan berat badan hingga 40Kg. Kisah ini diambil dari pengalaman langsung Tya Subiakto yang diposting di akun facebook miliknya. Berikut kisahnya.

Akhir-akhir ini banyak yang menanyakan diet apa yang aku jalani untuk menurunkan berat badan. Aku sudah mencoba berbagai macam treatment mulai dari mengkonsumsi susu diet, bermacam-macam pil, hingga akupuntur. Namun usaha tersebut tidak berhasil. Kalaupun berhasil turun, berat badan malah kembali naik tidak lama setelah itu.

Pada waktu itu di bulan September 2012, berat saya mencapai 92 kg. Saya pun mengalami cedera pinggang. Berbagai pemeriksaan pun dijalani dan ditemukan melalui USG bahwa saya terkena fatty liver. Fatty liver adalah keadaan liver yang terbungkus lemak. Saya pun bertanya pada dokter apa yang harus saya lakukan demi lemak di liver saya hilang. Dokter pun menjawab, "Tidak ada obat untuk fatty liver bu. Yang ada anda harus menjauhi minyak dan santan."

Terpikir oleh saya tentang perkataan dokter. Akhirnya saya menemukan kuncinya : mengatur pola makan dan menghindari minyak dan santan. Karena dalam riwayat keluarga saya ada diabetes, maka sayapun memutuskan untuk menghindari gula.

Jadi, sejak saat itu saya memakan makan yang direbus dan makanan mentah. Dan alhasil alhamdulillah saya mengalami penurunan berat badan yang signifikan. Dari bulan September 2012 berat saya 92 kg. Bulan Januari 2013 berat saya 77 kg. Alhamdulillah, saya sudah turun 15 kg. Jadi dalam sebulan saya bisa turun sekitar 3,75 kg.

Setelah setahun menjalani diet ini, berat saya pun akhirnya kembali normal, yaitu 59 kg (Agustus 2013).

Biasanya menu makan saya sehari-hari:

MENU KETIKA BANGUN TIDUR
1. Perasan air lemon 1 buah
2. Air putih 3 gelas
3. Susu Kedelai tanpa gula

MENU SARAPAN PAGI
1. Jus Tomat
2. Jus Wortel
3. Jus Apel
4. Jus Nanas
5. Jus Pepaya

Tidak minum air putih selama 1 jam setelah meminum jus. Setelah 1 jam boleh minum air putih kembali. 1 mug untuk masing-masing jus (jangan dicampur).

MENU MAKAN SIANG
Untuk makan siang saya merebus makanan seperti shabu-shabu. Di dalam makanan tersebut adalah :
1. Sayur hijau
2. Jamur (favorite saya)
3. Kentang kecil
4. Daging ayam tanpa kulit/ daging ikan gindara atau ikan lainnya juga boleh
5. Kadang saya tambahkan selada mentah (bila terbiasa makan mentah)

MENU MAKAN MALAM
Saya kembali minum jus :
1. Jus Pepaya
2. Jus wortel
3. Jus tomat
4. Jus apel

Bila masih lapar, jus pepaya dapat diulang sampai perut kita kenyang. Bisa juga dengan minum air putih atau makan pisang.




CATATAN :

1. Semua jus dibuat TANPA GULA.

2. Hindari MINYAK, SANTAN, GULA. Pribadi saya menghindari NASI & TEPUNG-TEPUNGAN

3. Untuk makan siang, bila tidak bisa tidak memakai nasi boleh saja makan nasi. Mungkin takaran nasi dikurangi 1 sendok setiap hari.

4. Biasanya saya menyediakan 1 hari setiap 10 hari (semisal dalam sebulan hari ke 10, 20, 30) untuk "celebration". Artinya, salah satu hari (biasanya di siang hari) saya makan makanan bebas, namun tetap tidak digoreng (berminyak). Atau di siang hari dengan Ice Cream 1 scoop saja dengan air putih.

5. Jangan menimbang setiap hari. Timbanglah berat badan setiap 10 hari. Selain menimbang berat badan, saya juga melakukan pengukuran lingkar pinggang, lingkar panggul, lingkar lengan, dan lingkar pergelangan tangan.

6. Jangan lupa minum air putih setidaknya 8 gelas sehari. Air putih membantu pembilasan tubuh kita

7. Jangan lupa minum vitamin juga. Biasanya saya mengkonsumsi vitamin C setiap hari dan vitamin E dua kali seminggu

8. Just enjoy the menu.. Jangan merasa terpaksa

Baiklah, itulah kiat menu menurunkan berat badan yang saya jalani. Insya Allah, semoga bermanfaat.. Selamat mencoba teman-teman semuanya :)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Artikel Terkait:
Facebook
Breaking News close button
Back to top

0 comments

Vleopos adalah berita Ragam Kehidupan dan Inspirasi, Disini Anda bebas bertanya maupun mengutarakan ide, gagasan, opini secara bebas yang tentu tidak termasuk dalam koridor Sara. Dilarang keras titip Link / URL hidup maupun berupa tulisan atau mempromosikan produknya.

Bagaimana Pendapat Anda?
 
Copyright © 2014. Vleopos - All Rights Reserved | Template - Maskolis
Proudly powered by Blogger