5 Makanan Tradisional Lezat Indonesia yang Patut Dicoba

Moalila - vleopos.com


VLEOPOS - Selain kaya akan budaya, Indonesia memiliki beragam makanan tradisional karena banyaknya suku bangsa yang mendiami wilayah Nusantara. Tidak ada salahnya kita sesekali mencoba beberapa masakan tradisional Indonesia yang dikenal lezat.

Banyak sekali makanan-makanan khas daerah yang tersebar di seluruh wilayah di tanah air. Berikut adalah 5 makanan tradisional lezat Indonesia yang patut dicoba :


1. Bubur Tinutuan atau Bubur Manado
Bubur Tinutuan  adalah makanan khas dari Manado, Sulawesi Utara. Tinutuan merupakan campuran berbagai macam sayuran, biasanya dihidangkan untuk sarapan pagi dengan lauk tambahan berupa ikan cakalang atau tuna, perkedel, dan sambal dabu-dabu roa. Bubur Tinutuan yang disajikan bersama mi dinamakan midal.


2. Tempoyak

Tempoyak adalah masakan yang berasal dari buah durian yang difermentasi sehingga rasanya asam. Tempoyak merupakan makanan yang biasanya dikonsumsi sebagai lauk saat menyantap nasi.
Tempoyak dikenal di Palembang, Lampung, Jambi dan Kalimantan. Selain itu, makanan ini juga terkenal di Malaysia. Di Palembang, tempoyak dimasak dengan campuran daging ayam. Sedangkan di Lampung, tempoyak menjadi bahan dalam hidangan seruit atau campuran untuk sambal.

3. Ikan Arsik

Ikan Arsik merupakan masakan tradisional khas Tapanuli yang menggunakan ikan mas sebagai bahan utama. Selain ikan mas, ikan yang biasa digunakan sebagai alternatif adalah ikan kakap dan kembung.
Bumbu rempah-rempah khas Tanah Air sangat kuat dalam masakan ini. Salah satu keunikan masakan yang juga dikenal dengan nama ikan mas bumbu kuning ini adalah masih adanya sisik ikan yang menempel ketika masakan disajikan.

4. Sate Ambal

Ada banyak beragam makanan sate di Nusantara, salah satunya adalah Sate Ambal. Sate ayam khas Ambal, Kebumen, Jawa Tengah ini tampak seperti sate Padang bila dilihat sekilas.
Sambalnya berwarna kuning tua dan encer dengan bumbu yang berasal dari tempe yang dihaluskan. Aroma kuat rempah bumbunya sangat menggugah selera. Selain ayam, ada pula Sate Ambal yang berbahan daging kambing.


5. Horok-Horok


Horok-horok adalah makanan ringan khas Jepara yang sulit ditemukan di daerah lain. Terbuat dari tepung yang berasal dari pohon aren, orang-orang menggunakan sisir rambut untuk mendapatkan bahan pokok makanan yang kenyal dan sedikit asin ini.
Biasanya horok-horok disajikan dengan gula pasir atau sebagai lauk teman untuk bakso, pecel, gulai, dan soto.

Demikian sajian 5 makanan tradisional lezat Indonesia yang patut dicoba. Selamat mencoba.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Artikel Terkait:
Facebook
Breaking News close button
Back to top

0 comments

Vleopos adalah berita Ragam Kehidupan dan Inspirasi, Disini Anda bebas bertanya maupun mengutarakan ide, gagasan, opini secara bebas yang tentu tidak termasuk dalam koridor Sara. Dilarang keras titip Link / URL hidup maupun berupa tulisan atau mempromosikan produknya.

Bagaimana Pendapat Anda?
 
Copyright © 2014. Vleopos - All Rights Reserved | Template - Maskolis
Proudly powered by Blogger