4 Hal Bahaya yang Sebaiknya Tidak Dilakukan Setelah Makan

Moalila - vleopos.com

VLEOPOS - Perlu diketahui, berikut adalah hal-hal berbahaya yang sebaiknya tidak dilakukan setelah makan yang jarang diketahui:
1. Langsung Tidur
Secara ilmiah, seseorang yang tidur membuat tubuhnya menjadi sangat rileks, mengakibatkan gerakan usus melambat. Sehingga, makanan masuk yang seharusnya diolah (dicerna) tubuh lebih cepat akan menyebabkan tidak sempurnanya proses pencernaan.
Dampaknya pun lumayan serius, bisa mengakibatkan rusak lambung atau radang usus siap bersarang pada diri kita.

2. Mandi
Kebanyakan orang pada pagi hari, lebih memilih makan terlebih dahulu kemudian mandi dengan alasan setelah makan pasti perut menjadi penuh dan hasrat ingin buang hajat lebih besar. Sehingga Anda berpikir untuk mandi sekalian buang air besar.
Padahal menurut penelitian, mandi setelah makan akan menaikkan aliran darah ke tangan, kaki dan badan yang menyebabkan jumlah darah sekitar perut akan terus berkurang. Hal ini akan melemahkan sistem pencernaan di dalam perut.

3. Minum Teh
Langsung minum teh kurang baik dikarenakan daun-daun teh mengandung banyak unsur kimia karbon, dimana bahan kimia ini akan mempengaruhi protein yang ada pada makanan yang kita makan dan menjadikan keras sehingga sulit dicerna. Minum teh setelah makan, dapat mengencerkan getah lambung, akibatnya mempengaruhi pencernaan makanan. Selain itu, daun teh banyak mengandung tanin (asam tanat), jika minum teh seusai makan, akan membuat protein yang belum sempat dicerna lambung menyatu dengan asam tanat dan membentuk sedimen (sedimen=endapan) yang tidak mudah dicerna, sehingga mempengaruhi serapan protein. Teh juga dapat menghambat serapan zat besi, jika keadaan demikian berlangsung lama dapat terjadi gejala anemia karena kurang zat besi.

4. Berjalan atau Lari
Berjalan atau lari setelah makan akan menyebabkan sistem pencernaan tidak mampu menyerap nutrisi dari makanan yang kita konsumsi.
Berjalan apalagi berlari biasanya juga melibatkan otot-otot bagian perut sehingga antar otot satu dan otot lainnya saling bersinergis untuk menimbulkan gerakan. Nah, gerakan ini akan mengganggu proses pencernakan makanan yang baru saja kita makan tadi.
Alhasil gangguan pencernaan makanan siap membayangi orang yang suka berjalan-jalan setelah makan.

Semoga bermanfaat.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Artikel Terkait:
Facebook
Breaking News close button
Back to top

0 comments

Vleopos adalah berita Ragam Kehidupan dan Inspirasi, Disini Anda bebas bertanya maupun mengutarakan ide, gagasan, opini secara bebas yang tentu tidak termasuk dalam koridor Sara. Dilarang keras titip Link / URL hidup maupun berupa tulisan atau mempromosikan produknya.

Bagaimana Pendapat Anda?
 
Copyright © 2014. Vleopos - All Rights Reserved | Template - Maskolis
Proudly powered by Blogger