Cara Membuat Mantou, Roti Kukus Khas Cina

Moalila - vleopos.com


VLEOPOS - Anda suka dengan makanan Asal Negeri Tirai Bambu? Kali ini adalah resep kue mantou atau biasa disebut roti kukus khas Cina. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah, lho. Untuk Anda yang ingin mencobanya silahkan lihat resepnya.

Bagi yang ingin mencoba membuat, Anda diharuskan mempersiapkan waktu luang setidaknya satu setengah jam lebih. Apalagi untuk Anda yang baru pertama kali membuatnya. Karena normal pembuatan kue satu ini adalah 1 jam 30 menit dengan waktu memasak mencapai 20 menit. Karena disini Anda diharuskan membuat Adonannya terlebih dahulu.

Waktu Persiapan: 1 jam, 30 menit
Waktu Memasak: 20 menit

Bahan-Bahan:
300 gram tepung serba guna
2 1/2 sdt ragi instan
2 sdm gula
150 gram air hangat

Cara Membuat Mantou Roti Kukus Cina:

  1. Pertama siapkan terlebih dahulu mangkuk, campurkan air hangat, gula, dan ragi dimangkuk tersebut. Diamkan selama 5 menit. Lalu campurkan tepung sedikit demi sedikit. Campur adonan hingga kalis.
  2. Tutup mangkuk, diamkan adonan selama 1 jam atau hingga adonan menjadi 2 kali lipat lebih besar. Setelah itu tusuk bagian tengah adonan, hingga udaranya keluar. 
  3. Ambil adonan. Lalu pindahkan ke talenan, taburi dengan tepung agar tidak lengket.
  4. Setelah itu, gulung memanjang dengan ketebalan 2 cm, lalu potong-potong. Kukus selama 15-20 menit atau hingga matang.
  5. Setelah matang, diamkan roti dalam kukusan selama 5 menit sebelum membuka tutup kukusan.
Pastikan up air yang menempel di tutup kukusan tidak jatuh ke dalam mantou yang sedang dikukus ketika Anda membuka tutup kukusan tersebut. Saat mantou sudah matang, Anda bisa menikmatinya dengan makanan apapun yang Anda suka.

Semoga bermanfaat
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Artikel Terkait:
Facebook
Breaking News close button
Back to top

0 comments

Vleopos adalah berita Ragam Kehidupan dan Inspirasi, Disini Anda bebas bertanya maupun mengutarakan ide, gagasan, opini secara bebas yang tentu tidak termasuk dalam koridor Sara. Dilarang keras titip Link / URL hidup maupun berupa tulisan atau mempromosikan produknya.

Bagaimana Pendapat Anda?
 
Copyright © 2014. Vleopos - All Rights Reserved | Template - Maskolis
Proudly powered by Blogger